{{brizy_dc_post_title}}

{{brizy_dc_post_date}}

{{brizy_dc_post_author_name}}

IMDC (Iptek Media dan Data Center) merupakan suatu proker yang menjadi wadah pendataan dari seluruh pencapaian dan prestasi ilmiah warga Teknik UI dari seluruh Departemen di FTUI, adapun proker ini dibawahi oleh divisi IPTEK BEM FTUI. IMDC sendiri memiliki tujuan utama sebagai pendataan dan pemberian apresiasi pada seluruh kontingen FTUI yang telah memenangkan lomba di tingkat OIM UI, Provinsi, Nasional dan Internasional. IMDC sendiri memiliki 3 sub-proker, yaitu :

1. Liga Prestasi

Liga Prestasi merupakan tempat pendataan prestasi warga teknik, yang diurutkan per departemen. Setiap bulannya tiap departemen akan dipublikasikan dan diberikan nilai berdasarkan seberapa banyak prestasi yang dihasilkan departemen tersebut melewati mahasiswanya. Pretasi yang telah diraih oleh masing-masing departemen kemudian akan di akumulasikan dalam bentuk poin dan tiap bulannya poin tersebut akan disusun menjadi peringkat-peringkat. Pada Ligpres edisi pertama, Departemen Teknik Elektro menduduki peringkat pertama, disusul oleh DTM dan PI di peringkat kedua dan ketiga. Pada Ligpres edisi kedua, DTK berhasil menduduki peringkat pertama, kemudian disusul oleh DTSL dan DTM yang menduduki peringkat kedua dan ketiga.

2. ECHO (Engineering Champions Honors List)

ECHO adalah sub proker kedua yang berfungsi sebagai wadah apresiasi kontingen FTUI yang telah memenangkan lomba. Setiap bulannya akan ada tim terbaik yang dipilih berdasarkan Database liga prestasi, ketika terpilih nantinya pihak yang bersangkutan akan diwawancarai, dan hasil dari wawancaranya akan diunggah di IG BEM FTUI. Tujuan utama dari hasil wawancara ini diharapkan setiap warga teknik dapat terinspirasi dan termotivasi untuk lebih berprestasi dan aktif  berpartisipasi dalam mengikuti lomba keilmiahan berskala nasional/internasional. ECHO sendiri sudah berjalan selama 2 bulan. 

Pada bulan pertama, dilakukan wawancara dengan kontingen SMV yang telah berprestasi dalam ajang  “Kompetisi Mobil Hemat Energi 2020”. Dalam mengikuti perlombaan ini kontingen SMV terbagi menjadi 2 tim, Tim Nakoela dan Tim Sadewa. Tim nakoela meraih Juara 1 (Model Desain Kendaraan Prototype), Juara 1 (Kriteria Internal Combustion Engine Prototype), Juara umum 2 (Prototype). Tim Sadewe meraih Juara 1 (Kriteria Rancangan Proses dan Manajemen Produksi Urban), Juara 2 (Kriteria Model Desain Kendaraan Urban), Juara 2 umum (Urban)

Pada bulan kedua, dilakukan wawancara dengan kontingen dari Departemen Teknik Kimia yang telah berprestasi dalam ajang “Global Undergraduate Student Video Competition 2020”. Dalam lomba ini kontingen Teknik mewakili Tim Serein meraih 1st Place Judge’s Choice dan 1st Place Overall Team Choice.

3. IPTEK Network

IPTEK Network adalah bagian dari program kerja IMDC yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi IPTEK tiap departemen pada lingkup FTUI. Pada IPTEK Network, seluruh program kerja IPTEK IMD & IMPI maupun KPD yang bersifat mengundang warga Teknik/terbuka untuk umum akan dipublikasikan oleh BEM FTUI.

Kunjungan Eksternal

Publikasi

Sekretariat BEM FT UI

Gedung BP3 Teknik, Universitas Indonesia

#BirukanAsaCiptakanMakna

Copyright © 2021 BEM FT UI