{{brizy_dc_post_title}}

{{brizy_dc_post_date}}

{{brizy_dc_post_author_name}}

Kemerdekaan Pers milik Kita Bersama 

Oleh: Muhammad Daffa Alfazri 

Hari Pers Internasional  

Hari ini, tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Pers Sedunia atau World Press Freedom Day, yang  ditujukan untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers guna mengukur kebebasan pers di  seluruh dunia. Momentum ini bisa kita gunakan untuk mengetahui arti penting kebebasan pers sebagai  bagian dari Hak Asasi Manusia.  

Kemerdekaan Pers dan Hak Asasi Manusia  

Kemerdekaan Pers pada hakikatnya bukanlah hak eksklusif dari komunitas pers semata.  Kemerdekaan pers adalah hak konstitusional yang berakar kepada jaminan hak setiap warga negara  untuk memperoleh informasi.   

Di indonesia, jaminan hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi diatur dalam Pasal 28F  Undang-undang Dasar 1945, dan jaminan kemerdekaan pers diatur dalam Undang-undang Nomor 40  Tahun 1999. Secara umum, kedua aturan ini mencakup 2 hal, yaitu hak untuk memperoleh informasi dan  hak untuk berekspresi.  

Kedua hak ini merupakan hak yang paling hakiki. Sebab, hanya dengan jaminan hak atas informasi  dan hak untuk berekspresi, setiap warga negara bisa terus menuntut Negara untuk menjamin dan  memenuhi hak warga untuk bebas beragama dan berkeyakinan, hak warga negara untuk berserikat,  ataupun hak warga negara untuk mencari penghidupan secara layak. Oleh karena itu, Setiap kasus  kekerasan terhadap jurnalis bukan hanya menghalangi kerja jurnalis untuk memperoleh berita,  melainkan juga pelanggaran hak konstitusional warga negara. Setiap pelanggaran terhadap  kemerdekaan pers adalah pelanggaran hak konstitusional warga negara. 

Lagi dan lagi, Pelanggaran Kebebasan Pers  

Sabtu , 27 Maret 2021, Penganiayaan dialami seorang jurnalis Tempo Surabaya, Nurhadi, yang diduga  dilakukan oleh dua anggota kepolisian Daerah Jawa Timur. Nurhadi dianiaya saat sedang menjalankan  penugasan dari redaksi Majalah Tempo. Penganiayaan ini terjadi saat nurhadi sedang meminta  konfirmasi kepada mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Keuangan, Angin Prayitno Aji,  sebagai tersangka dalam kasus suap pajak. Dua anggota kepolisian, pengawal Angin Prayitno Aji,  menuduh Nurhadi masuk tanpa izin ke acara resepsi pernikahan anak Angin di Gedung Graha Samudra  Bumimoro (GSB), Surabaya. Meski Nurhadi sudah menjelaskan statusnya sebagai wartawan Tempo yang  sedang menjalankan tugas jurnalistik, Pengawal Angin tetap merampas telepon genggam Nurhadi,  bahkan menampar, memiting, memukul beberapa bagian tubuhnya. Selepas itu, Nurhadi juga ditahan  selama dua jam di sebuah hotel di Surabaya. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Pemimpin  Redaksi Majalah Tempo, Wahyu Dhyatmika.

Rabu, 21 April 2021, Jurnalis Tabloid Jubi di Papua, Victor Mambor, mendapatkan serangan teror dan  intimidasi berupa pengrusakan terhadap mobilnya. Pada rabu pagi, Victor mendapati mobilnya telah  rusak. Kerusakan mobilnya cukup parah, antara lain, Kaca mobil sebelah kiri depan dan belakang hancur,  pintu bagian depan dan belakang sebelah kiri dicoret coret dengan cat pilox berwarna orange. Victor dan  Tabloid Jubi juga mendapat serangan melalui digital, seperti doxing dan penyebaran flayer di media  sosial yang menuduh Tabloid Jubi sebagai pendukung gerakan separatis. Hal ini diduga kuat terkait  pemberitaan yang dipublikasikan oleh Jubi.

Dua kejadian mengingatkan kita bahwa Hari Kemerdekaan Pers tidaklah hanya menjadi pengingat  keberhasilan perjuangan meraih kebebasan, tetapi lebih dari itu, menjadi pengingat bagi kita bahwa  perjuangan belumlah usai. Selamat Hari Kemerdekaan Pers Internasional dan ingat kemerdekaan pers  bukan hanya milik jurnalis, melainkan juga milik kita bersama.

Referensi: 

1. Rahma, A. (2021, March 30). Jurnalis tempo Dianiaya, LBH Pers akan Lapor Ke Propam Polri Hari ini.  Retrieved April 23, 2021, from  https://nasional.tempo.co/read/1447359/jurnalis-tempo-dianiaya-lbh-pers-akan-lapor-ke-propam-polri-h ari-ini  

2. Zhafira, A. (2020, May 03). Hari Pers SEDUNIA, INI SEDERET Film Menarik tentang jurnalistik. Retrieved  April 23, 2021, from  https://www.antaranews.com/berita/1461603/hari-pers-sedunia-ini-sederet-film-menarik-tentang-jurnalis tik  

3. Galih, B. (2019, February 08). Profesi jurnalis, Antara Tuntutan idealisme DAN Masalah Kesejahteraan  HALAMAN 2. Retrieved April 23, 2021, from  https://nasional.kompas.com/read/2019/02/08/19213721/profesi-jurnalis-antara-tuntutan-idealisme-dan -masalah-kesejahteraan?page=2  

4. Riana, F. (2021, April 23). Jurnalis Jubi Papua Alami teror, KACA MOBILNYA DIRUSAK. Retrieved April  23, 2021, from  https://nasional.tempo.co/read/1455620/jurnalis-jubi-papua-alami-teror-kaca-mobilnya-dirusak 

5. Hari kebebasan Pers sedunia. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://wpfd.aji.or.id/2016/ 

Kunjungan Eksternal

Publikasi

Sekretariat BEM FT UI

Gedung BP3 Teknik, Universitas Indonesia

#BirukanAsaCiptakanMakna

Copyright © 2021 BEM FT UI