{{brizy_dc_post_title}}

{{brizy_dc_post_date}}

{{brizy_dc_post_author_name}}

Siapa Juragan 99?

Sosok Juragan 99 adalah Gilang Widya Pramana. Namanya kini sedang ramai diperbincangkan karena Ia merupakan pengusaha muda asal Malang yang memiliki banyak usaha di tanah air. Gilang berasal dari keluarga yang sederhana, dulu Ia berkuliah sambil bekerja sebagai tukang cuci motor. Setelah lulus, Ia bekerja di Bank. Tidak hanya sampai disitu, dengan keyakinan dan semangatnya Ia mencoba merintis beragam jenis usaha hingga akhirnya bisa menjadi pengusaha muda yang sukses.

Tips Sukses Ala Juragan 99

Ternyata tidak perlu mempunya 99 cara untuk menjadi sukses, ini dia 6 tips dari Juragan 99 untuk menjadi orang sukses :

  1. Mampu memahami kebutuhan pasar (Memulai bisnis dengan jelas, mau bisnis apa, produk apa yang mau dibuat, kompetitornya siapa, dsb)
  2. Tidak takut mencoba hal baru
  3. Tidak mudah menyerah dalam berbisnis
  4. Ajak orang lain untuk membuka bisnis bersama
  5. Menyisihkan uang untuk ditabung sebagai modal bisnis
  6. Menuliskan harapan-harapan yang ingin dicapai

Hal yang Bisa Diimplementasikan sebagai Mahasiswa

Mencari Peluang untuk Membuka Usaha

Membuka usaha dengan berpikir "out of the box" serta melihat peluang, kondisi lingkungan, serta minat masyarakat di zaman sekarang. Ayo gali peluang bisnis yang ada di sekitar kita dan kembangkan kreatifitas yang kita punya.

Investasi

Investasi sejak mahasiswa dapat memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk memahami dan menggali informasi serta ilmu yang valid ya agar kita terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Contoh: Reksa dana, saham,dll.

Gaya Hidup Sesuai Pendapatan

Dapat dilakukan dengan mengetahui penghasilan bersih terlebih dahulu, lalu sebaik mungkin tidak mengikuti gaya hidup orang lain. Ingat sabar dan menahan hawa nafsu adalah kunci.

Menyisihkan Uang Berdasarkan Kebutuhan

Bisa banget dilakukan dengan menggunakan Budgeting Planning untuk mengetahui skala prioritas kebutuhanmu. Hal ini bisa berguna agar kita tidak kehabisan uang di akhir bulan. Ditahan dulu ya checkout di e-commercenya.

Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Di era modern ini, mahasiswa dapat menggunakan aplikasi seperti Finansialku, Money Wise, dll untuk mencatat keuangan. Pencatatan Keuangan penting dalam membantu kamu menganalisis pengeluaran kamu, apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu rancang.

Referensi

Anis. (2020). 6 Tips Sukses Ala Gilang Widya, Crazy Rich Malang yang Menginspirasi. https://wwwidntimes.com/lifelcareerampisiti-anisah-2/6-tips-sukses-ala-gilang-widya- crazy-rich-malang -yang-menginspirasi-c1c2

Saf, M.F (2020). 5 Fakta Perjalanan Crazy Rich Malang, Awali Bisnis dari Cuci Motor Lima Ribuan.https://m.liputan6.com/surabayairead/4289451/5-fakta-perjalanan -crazy-rich-malang-awall-bisnis-dari-cuci-motor-lima-ribuan

Sari, R.P (2020). Djuluki Crazy Rich Malang, Ini Profl Juragan 99 dan Shandy Purnamasari. https:/amp.kompas.com/rype/read/2021/05/27/145551666idijuluki -crazy-rich-malang-Ini-profl-juragan-99-dan-shandy-purnamasari