{{brizy_dc_post_title}}

{{brizy_dc_post_date}}

{{brizy_dc_post_author_name}}

Halo, Socconians!

Tahukah kamu, setiap 40 detik ada 1 orang yang mengakhiri hidupnya? Tingginya kasus bunuh diri terutama pada mereka yang berusia 15-29 tahun, salah satunya disebabkan oleh stigma buruk terhadap kesehatan mental. Sebab, ketika seseorang berjuang melawan gangguan mental yang dihadapinya, orang-orang di sekelilingnya justru tidak memberikan dukungan. Akibatnya, angka bunuh diri yang disebabkan oleh gangguan mental terus meningkat.

Socconians, hal semacam ini mungkin juga terjadi di dalam organisasi kita, lho! Adanya stigma dan kurangnya pemahaman mengenai kesehatan mental, membuat mereka yang butuh penanganan serius jadi urung untuk menemui ahli.

Nah, salah satu cara untuk membantu meningkatkan mental yang sehat adalah mendapatkan pemahaman dan pengetahuan melalui seminar kesehatan mental. Melalui seminar kesehatan mental, akan terbentuk kerja sama antar individu, organisasi, dan masyarakat untuk mencegah dan menyelamatkan mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Adapun 10 manfaat seminar kesehatan mental untuk organisasimu, yakni:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kesehatan mental dapat menjadi bekal untuk kehidupanmu, lho! Dengan mengikuti seminar kesehatan mental, kamu akan lebih memahami kondisi dirimu serta orang lain di sekitarmu.
  2. Membangun atmosfer kerja yang baik tak hanya dibangun melalui pekerjaan yang sesuai target, tetapi juga dibangun melalui lingkungan kerja yang nyaman. Salah satu caranya adalah mengikuti seminar kesehatan mental untuk lebih memahami bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
  3. Meningkatkan hubungan dengan rekan dalam organisasi juga bisa kamu dapatkan melalui seminar kesehatan mental, lho! Kamu akan belajar untuk 10 Manfaat Seminar Kesehatan Mental untuk Organisasi Kamu! 2 menjadi rekan kerja yang saling mendukung dan menjalin komunikasi yang baik.
  4. Salah satu manfaat mengikuti seminar adalah meningkatkan pengetahuan. Nah, pengetahuan yang akan kamu dapatkan dapat mecegah terjadinya kasus bunuh diri untuk dirimu ataupun anggota organisasimu.
  5. Tingginya tingkat stres dapat mengurangi produktivitasmu, lho! Oleh karenanya, dengan mengikuti seminar mengenai kesehatan mental, kamu akan mendapatkan panduan mengurangi stres dari para ahli.
  6. Meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental juga akan kamu dapatkan jika rutin mengikuti kegiatan seminar kesehatan mental.
  7. Seminar kesehatan mental tidak terbatas pada topik tertentu saja. Melalui seminar kesehatan mental, kamu dapat membantu meningkatkan akses informasi terhadap isu tersebut, terutama dalam organisasimu.
  8. Menghapus stigma kesehatan mental di Indonesia tidaklah mudah. Perlu lebih banyak individu, organisasi, serta masyarakat yang menyadari akan pentingnya hal tersebut. Nah, stigma ini juga bisa pelan-pelan dihapuskan melalui pemahaman yang tepat dalam seminar kesehatan mental.
  9. Isu kesehatan mental di Indonesia masih menjadi hal tabu bagi sebagian masyarakat, akibatnya tak jarang terjadi diskriminasi terhadap penderita gangguan kesehatan mental. Dengan mengikuti seminar, para ahli akan membuka pemahamanmu mengenai isu tersebut sehingga kamu dapat membantu menghentikan diskriminasi terhadap penderita kesehatan mental.
  10. Menciptakan ide dan inovasi baru bisa kamu lakukan setelah mengikuti seminar kesehatan mental. Beragam tema serta topik yang diangkat dalam seminar kesehatan mental memungkinkan kamu untuk membuka pikiran dan peluang ide-ide baru.

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti seminar kesehatan mental, Socconians! Bagi kamu yang merasa membutuhkan seminar kesehatan mental agar produktivitas organisasimu meningkat, langsung gabung sebagai partner dengan Social Connect melalui link https://socialconnect.id/partnership-organization, ya! Atau kamu bisa tingkatkan pemahamanmu mengenai kesehatan mental dengan mengikuti berbagai kegiatan Social Connect di Instagram!

Tentang Social Connect

Social Connect adalah salah satu komunitas kesehatan mental terbesar di Indonesia yang hadir untuk membangun akses terhadap informasi dan pengetahuan kesehatan mental kepada siapa pun. Mimpi kami sangat sederhana, yakni menciptakan Indonesia yang inklusif, di mana orang-orang bisa bercerita dan berdiskusi tentang kesehatan mental tanpa takut akan stigma dan diskriminasi.

Tentang Djiwa

Social Connect meluncurkan Djiwa sebagai salah satu alternatif untuk mengoptimalkan tidur dan mencapai kebahagiaan dalam hidup. Aplikasi berbasis website ini diluncurkan pada 17 April 2021 dan dibuka untuk umum sejak 20 April 2021 secara gratis.

Tim Penulis dan Penyusun

Ditulis oleh Dina Fadillah Salma sebagai Media Relations Analyst di Social Connect. Penulis berada di bawah supervisi tim Media & PR Special Project dan tulisan ini sudah di-review secara bahasa dan kesesuaian dengan konteks informasi oleh Rani Fatmawati sebagai Editor Tata Bahasa di Social Connect. Apabila terdapat kesalahan pengejaan nama, tempat, dan lainnya silakan hubungi kami untuk direvisi.

Kontak

Admin Social Connect | Senin—Jumat 09.00-17.00 WIB

halo@socialconnect.id | 0812 8467 3071

Kencana Tower, Mezzanine Floor Jl. Raya Meruya Ilir No.88 Business Park Kebon Jeruk, RT. 001 RW. 005 Kel. Meruya Utara Kec. Kembangan, Jakarta Barat 11620

Sumber Tulisan

Andrew Blackman. (2019). "Why provide better mental health benefits? (Mental health awareness 2019)". Diakses pada tanggal 15 Mei 2021 dari situs web https://business.tutsplus.com/tutorials/mental-health-awareness–cms-34002

Kunjungan Eksternal

Publikasi

Sekretariat BEM FT UI

Gedung BP3 Teknik, Universitas Indonesia

#BirukanAsaCiptakanMakna

Copyright © 2021 BEM FT UI