Event Review: “Kersos 2017″

PAGI TEKNIK!

DR5_9041

Kerja Sosial (KERSOS) 2017 merupakan program kerja dari Pengabdian Masyarakat BEM FTUI, setiap tahunnya Kersos ini dilaksanakan di berbagai Desa yang berbeda dengan keadaan yang berbeda-beda pula. Sesuai dengan logo Kersos 2017 yang merupakan lambang air yang dapat diartikan sebagai berkelanjutan. Kersos 2017 awalnya ingin membuat suatu manfaat yang berkelanjutan sampai dengan puncak menaikkan perekonomian desa, dengan harapan untuk Kersos selanjutnya diadakan di Desa Jayamanik yang bertepatan dengan acara Kersos 2017. Desa jayamanik memiliki beberapa kampung yang diantaranya masih dalam indeks sangat tertinggal, untuk itu perlunya kita membantu sesuai dengan titik tepat sasaran untuk tahun berikutnya di kampung yang berbeda. Logo air yang dimaksudkan pada Kersos 2017 juga sesuai dengan konsep awal yaitu ingin membantu dalam segi fasilitas sarana air bersih, ketika sudah didapatkan Desa, ternyata Desa Jayamanik ini lah yang tepat sasaran untuk dibantu dalam segi fasilitas sarana air bersih.

DR5_8530

Dimulai dari rangkaian acara Grand Launching Kersos 2017 yang bertujuan untuk memperkenalkan Kersos 2017 bertepatan dimana, tanggal berapa, dan proyek fisik serta non-fisik yang akan dibawa. Publikasi Kersos 2017 direncanakan dengan adanya Kersos Day, berupa stand yang ada di Taman Teknik lalu dari panitia Kersos bergantian untuk menempati stand, rencananya mahasiswa sebelum mendaftar bisa menanyakan dulu kersos kegiatannya apa saja, dimana, dan tanggal berapa. Tetapi terjadi keterlambatan mengenai surat perizinan untuk menaruh stand di taman teknik, sehingga membuat terlambat untuk diadakannya Kersos Day. Sebenarnya pendaftar Kersos sudah mulai mendaftar dan banyak yang mendaftar melebihi target, tidak perlu adanya Kersos Day lagi yang bertujuan untuk mempublikasikan Kersos 2017. Kersos Day akhirnya dilaksanakan pada 1 minggu sebelum UAS, tetapi dikarenakan hujan jadi tidak dapat dilaksanakan dan adanya keterlambatan dari bidang kreatif humas untuk persiapan Kersos Day.

DR5_8593

Pada pertengahan menuju acara Kersos 2017 terjadi beberapa kendala yaitu Desa yang dipilih memiliki masalah yaitu jembatan sebagai akses utamanya roboh sebagian, tetapi langsung diantisipasi oleh warga sekitar untuk dibuat penambahan tumpuan. Awalnya tidak diperkenankan untuk kendaraan roda empat masuk kedalam desa, hal ini yang membuat panitia Kersos berdiskusi untuk tetap fokus di Desa Jayamanik atau pindah Desa, pada pertengahan acara Kersos juga masih mencari desa yang tepat, hal ini yang membuat publikasi Kersos 2017 berkurang dikarenakan BPH memikirkan mengenai desa yang nanti akan dijadikan lokasi kegiatan. Pada akhirnya kendaraan roda empat boleh melewati akses jembatan tersebut, dan panitia tetap memilih Desa Jayamanik berdasarkan kebutuhan Desa.

DR5_8967

Pada bulan Mei sebelum pekan UAS, dilaksanakan pelatihan mentor pertama yang bekerja sama dengan Ushape dari mahasiswa psikologi UI, pelatihan mentor dihadiri hampir seluruh mentor, tujuannya agar mentor mengetahui dan memahami apa saja yang akan dibawa oleh Kersos untuk diberikan terhadap peserta Kersos 2017. Pelatihan mentor pertama dilaksanakan dengan lancar dan tepat waktu. Untuk perencanaan ada pelatihan mentor kedua yang bertujuan agar mentor memahami proyek fisik dan non-fisik yang akan dibawa, dan juga pelatihan kecil-kecilan dari proyek fisik yang bertujuan mentor dapat ikut membantu dalam pembuatan proyek fisik dan mengetahui mengenai penempatan paket pekerjaan untuk peserta Kersos, akan tetapi ada kendala yaitu dari Mentornya hanya sedikit yang bisa hadir, hingga akhirnya pelatihan mentor kedua tidak dapat dilaksanakan.

IMG_8027

Pada persiapan untuk acara Kersos 2017, bidang sarana prasarana sudah menyiapkan segala transportasi untuk ke Desa Jayamanik, termasuk panitia fisik dan panitia bidang lainnya yang advance terlebih dahulu. Panitia juga sudah menyiapkan barang-barang yang harus dibawa agar tidak ada yang tertinggal. BPH Kersos dibagi dua, ada yang advance ada juga yang berangkat bersama peserta. Untuk bidang fisik, pembangunan mck, renovasi mck, dan renovasi kelas madrasah sudah dipersiapkan matang-matang dan segera dikerjakan saat advance agar tidak adanya extend. Begitu pula juga dengan non-fisik yang sudah menyiapkan mengenai perizinan untuk renovasi taman baca serta lahan untuk ukm. Bidang keuangan memiliki kendala dikarenakan sponsor utama belum juga memberikan uang, masih adanya beberapa kesalahan dibagian invoice karena berurusan dengan perusahaan luar terkait dengan dana yang lumayan besar, maka dari kami meminjam dari talangan Alumni Fakultas Teknik UI dengan ketentuan mengembalikkan dana sesuai perjanjian.

DR5_9396Ketika acara Kersos 2017 berlangsung, ada sedikit keterlambatan mengenai datangnya peserta Kersos dikarenakan banyak mahasiswa 2016 yang terlambat registrasi dan membuat Operasional SDM yang mengelompokkan sedikit tersendat. Panitia advance yang sudah berada di Desa Jayamanik yaitu bidang sarpras dan operasional sudah memikirkan mengenai jalur transportasi ketika datang dan pulang tetapi karena adanya keterlambatan membuat perubahan hal yang sudah direncanakan, akhirnya peserta, mentor, volunteer, dan panitia selamat sampai di Desa Jayamanik. Ketika tanggal 6 Juni dimulai terjadi keterlambatan untuk peserta memulai proyek dikarenakan hal-hal yang tak terduga seperti penambahan sambutan dari Kapolsek serta bagian operasional SDM agak kebingungan mengenai pengelompokkan peserta. Tetapi selebihnya lancar, untuk esoknya tanggal 7 Juni tidak ada kendala mengenai keberlangsungan menjalankan proyek. Pada tanggal 8 Juni ketika acara buka puasa bersama warga sedikit tidak terkontrol dikarenakan keamanan tidak ada yang bisa dihubungi untuk menertibkan warga Desa Jayamanik, akhirnya diambil alih oleh sarana prasarana. Dan akhir dari acara kersos 2017 tanggal 9 Juni yaitu penutupan dan peresmian proyek fisik dan non-fisik yang dibuat. Semua warga ikut senang dengan adanya pembuatan proyek fisik dan non-fisik serta alhamdulillah proyek fisik dan non-fisik kelar tepat waktu dan tepat sasaran.

 

Pengabdian Masyarakat
BEM FTUI 2017
#KitaBanggaKitaTeknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *