5 Bahaya Rokok yang Selama Ini Luput dari Perhatian Kita

“Setiap hari 80.000-100.000 anak muda di seluruh dunia menjadi pecandu nikotin. Jika jumlah ini tak berhenti, sebanyak 250 juta anak usia 13-15 tahun berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan konsumsi tembakau…”
(sumber: http://goo.gl/Q38nhD)

Masih berkaitan dengan informasi tersebut, baru-baru ini terdengar isu yang sedang hangat beredar di kalangan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Ya! Tidak lain dan tidak bukan adalah tentang larangan merokok di lingkungan FTUI beserta dendanya bagi siapa yang melanggar. Untuk itu, kami dari pihak FTUI mencoba menelaah lebih dalam lagi mengapa merokok itu dilarang dan apa saja hal-hal negatif yang dapat timbul dikarenakan merokok.

Sebenernya, apa aja sih bahaya merokok yang selama ini luput dari perhatian kita?

 

1.    Scissor Man Wanna Be

Pernah nonton Scissor Man ga temen-temen semua? Ituloh, manusia yang tangannya terbuat dari gunting. Serem banget kan? Dia bisa menggunting siapa aja yang berbuat jahat ataupun yang dia sebelin. Nah, kamu pasti ga mau kayak dia dong punya tangan berbentuk gunting selamanya? Makanya, hindari kebiasaan merokok mulai dari sekarang! Pernah merhatiin kan bentuk jari-jari tangan orang yang merokok tuh kayak gimana? Pasti jari telunjuk dan jari tengahnya selalu berbentuk cheese gitu atau angka dua, terus rokoknya dijepit ditengahnya, mirip bentuk gunting deh pokoknya. Jarang banget yang megang rokok pake jari telunjuk dan ibu jari, itupun kalo ukuran rokoknya mulai memendek. Kalo kamu udah kebiasaan ngerokok, jari-jari tangan kamu akan terlatih patah hati dengan bentuk seperti itu kemudian lama-kelamaan mengeras… mengeras… mengeras… dan permanen. Jadilah kamu Si Manusia Gunting! Hiii serem!

 

2.         Disebelin Produk Sebelah

Kamu udah tau kan kalo di dalam rokok itu terkandung zat nikotin yang membuat kecanduan? Zat ini menyebabkan kamu yang udah beberapa kali merokok jadi mo lagi mo lagi mo mo lagi. Nah, selain mo lagi mo mo lagi ini ga baik karena akan membuat kamu merokok terus, terus, dan terus, hal ini juga copycat banget sama tagline produk sebelah—udah tau lha yha pasti. Maka dari itu, daripada kamu disebelin sama produk sebelah, mendingan berhenti merokok dan mulai beralih ke produk tersebut! Banyak rasanya pula; ada jagung bakar, keju, coklat, dan lain-lain. Ga beda jauh kok, meskipun satu bungkus isinya ga 12 dan emang cuma 2, tapi besar-besar!

 

3.         Dikira Mak Lampir

Anak 90an pasti familiar banget sama ibu-ibu yang satu ini disertai dengan tongkat tengkorak, rambut panjangnya, dan satu lagi… bibir hitamnya! Lengkap banget deh tuh aura mistisnya. Pasti ga ada dari satupun kita yang kepengen jadi ataupun dimirip-miripin sama Mak Lampir kan? Oleh karena itu, kamu harus menghindari hal-hal yang bikin kamu dimirip-miripin sama dia, salah satu caranya adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok lama kelamaan akan membuat bibir kamu menjadi biru kehitaman, karena di dalam rokok mengandung nikotin yang dapat menyebabkan peningkatan pigmen melanin di bibir/kulit. Nah, ga mau kan dikira Mak Lampir sama orang cuma gara-gara bibir kamu hitam?!

 

4.         Jadi Siluman Kolam Renang

Merokok dapat menyebabkan paru-paru basah yang mengakibatkan gelembung paru-paru terisi oleh cairan sehingga paru-paru tidak bisa menampung banyak udara. Tuh! Ga mau kan paru-paru kamu basah dan tenggelam oleh cairan-cairan yang merusak tubuh kamu sendiri? Maka dari itu, yuk berhenti merokok dari sekarang! Kalo kamu tetep melanjutkan kebiasaan merokok kamu, ya ga apa-apa sih… Cuma kan efeknya nanti jangka panjang, bukan jangka pendek. Kalo nanti tiba-tiba kamu jadi siluman kolam renang gara-gara alveolus kamu udah tenggelam dan bisa mengapung-ngapung atau bahkan gaya bebas karena cairan yang memenuhi paru-paru kamu, gimana?

 

5.         Pahlawan-Pahlawan Beterbangan

Ini nih yang paling bahaya. Tadi udah dibilangin kan kalo merokok tuh bikin kamu mo lagi mo mo lagi, nah kalo udah seperti itu kamu akan mencari berbagai cara untuk dapat merokok, yakni ya beli terus-terusan rokoknya. Hal ini akan menyebabkan kamu terus menerus mengeluarkan dan menerbangkan dengan begitu saja pahlawan-pahlawan yang terdapat di dalam dompet kamu. Meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa pernyataan ini bisa berlaku untuk semua orang, tapi setidaknya dengan menghentikan kebiasaan merokok, kamu bisa mempertahankan pahlawan-pahlawan tersebut di dalam dompet kamu lebih lama, bukan?

 

Ga deng, itu semua boonk. Maaf ya kalau kamu yang lagi baca ini sambil makan langsung ngerasa makan kerupuk. Kriyuk!

SMOKING

So, mau tau apa bahaya sesungguhnya yang ditimbulkan akibat merokok? Yuk, dateng aja ke acara Seminar Sosialisasi Bahaya Rokok hari Selasa, 3 Maret 2014 pukul 12.30-selesai di Ruang Chevron, Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Gratis kok! Malah kamu bisa mendapatkan FREE LUNCH hanya dengan mengikuti seminar ini! Tapi inget; jangan merokok yha abis lunch, hihihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *